Kursus Online Nge-Blog untuk Pemula Yang Recommended

Maret 03, 2019





Kursus Online Nge-Blog untuk Pemula Yang Recommended


Ingin punya blog yang tampilannya cakep yang bikin kita betah untuk terus menulis dan menulis?!


Ada banyak cara untuk belajar nge-blog dengan cara yang asyik dan menyenangkan.

Bisa lewat googling. Kita cari situs-situs yang membahas A-Z tentang bagaimana cara bikin tampilan blog kita jadi bagus dan enak dilihat.

Atau bisa juga lewat Youtube. Kita pelajari step-by stepnya lewat video tutorial yang sudah tersedia.
Tentu saja ada kelebihan dan kekurangan  jika kita mau belajar secara mandiri.


Kelebihannya bisa free cost alias kita gak usah bayar sama sekali, cuma modal kuota internet saja. Kekurangannya tentu saja ada, terutama jika kita sama sekali baru belajar tentang blog, padahal untuk bikin tampilan yang cakep kita perlu belajar tentang kode HTML yang diperlukan untuk mengubah template blog kita. Belum lagi jika harus berurusan dengan penambahan widget.  

Wah, rumit juga yaa … urusan nge-blog.

Kirain Cuma nulis-nulis dan posting saja.


Memang sih, kita bisa pakai template  alias design blog yang sudah disediakan oleh blogger.com dan itu ada banyak, tapi terkadang tampilan templatenya tidak sesuai dengan yang kita mau, belum lagi terbatasnya fasilitas yang disediakan.

Atauuu,…..

Kita bisa ikutan kursus online singkat yang berbayar. Aku punya info tentang kursus online ini yang pengajarnya sudah sering mengadakan kursus, orangnya bisa diajak diskusi dan seperti yang kalian lihat sekarang, tampilan blog-ku ini sudah jauh lumayan mendingan dibanding dengan yang dulu.


Aduh, parah banget deh, tampilan blog-ku yang dulu itu. Warnanya hitam, kesannya suram begitu, jadi bikin malas untuk posting di blog, padahal aku berkeyakinan bahwa amal jariyah salah satunya adalah dengan menyampaikan ilmu yang bermanfaat. Bagaimana bisa mendapat amal jariyah ini, jika menulis saja malas.




Kursus Online Nge-blog ini, informasinya kemarin aku dapat dari FB-nya Mba Rahayu Asda. Jadi dia mengadakan kursus online yang dilakukan di WA group selama satu minggu.


Aku yang kemarin-kemarin kepikiran untuk memperbaiki tampialn blog-ku, seakan mendapat kesempatan untuk merealisasikan impianku punya blog yang cakep seperti yang aku bayangkan.


Yang backgroundnya putih, dengan tulisan warna pink, trus ada widget share to fb, ig dan lain-lain. Alhamdulillah.


Kursus Online dari Mba Rahayu Asda, dilaksanakan hanya selama 1 minggu di WA grup dengan membayar fee Rp 150.000.


Ada  6 tugas yang harus dikerjakan setaip hari, yaitu :

1 *  Tugas I
  Tugas I terdiri dari 2 tugas yaitu Tentang Saya dan Mengapa Menulis di Blog

2*       Tugas II
 Tugas II  terdiri dari 2 tugas yaitu Membuat Header Blog dan Artikel tentang Kota Impian yang ingin dikunjungi

3*    Tugas III
Tugas III  terdiri dari 2 tugas yaitu Mengganti Template?Design tampilan Blog kita dan Membuat Sidebar About Me

4*    Tugas IV
(Tugas VI  terdiri dari 2 tugas yaitu Membuat Widget  Sosmed di Sidebar, Membuat Menu Navigasi dan Membuat Menu Pages.

5*       Tugas V
Tugas V  hanya ada  1 tugas yaitu Mereview Training

6*       Tugas VI
Tugas VI adalah Membuat tulisan testimoni tentang kursus online nge-blog yang harus di share di FB.



Bisa dilihat di tugas I sampai VI, bahwa kursus ini tidak hanya berisi materi teknis bagaimana memperbaiki design alias template blog kita termasuk juga penambahan aksesories seperti widget, navigasi dan page, tetapi juga yang lebih penting dari itu adalah, kita dipaksa untuk menulis berbagai macam artikel yang menjadi “isi” dari blog kita.

Karena, sebagus apapun tampilan alias design alias template blog kita, jika tidak ada isinya, maka buat apa?

Orang googling di GOOGLE, pada intinya adalah berharap menemukan sesuatu yang mereka inginkan, dan itu lebih banyak ke urusan informasi sekaligus entertaint ( hiburan). Jadi sedapat mungkin kita menulis sesuatu yang bermanfaat dengan cara yang “menghibur”.

..
Selama aku mengikuti kursus online ini, aku merasa enjoy karena tugas yang diberikan tidak terlalu berat. Satu hari hanya ada maksimal 2 tugas yang harus dikerjakan.


 Untuk mentornya sendiri, Mba Rahayu, orangnya cukup helpfull dengan memberikan petunjuk teknis jika sekiranya ada peserta yang kesulitan dalam mengerjakan tugas, terutama yang berurusan dengan hal teknis misalnya waktu materi ganti template kemarin.  Bersyukur dengan kenyataan bahwa mentornya juga perempuan, karena biasanya lebih mengerti kebutuhan emak-emak yang repot membagi waktu seperti kita-kita ini.

Oya, untuk template alias design blog seperti yang kalian lihat di blog-ku ini memakai template Rosemary Beauty .
Kemarin dari Mentor, disediakan 3 template Rosemary yaitu Rosemary Beauty, Rosemary Fashion dan Rosemary Minimal.


Aku sendiri memilih memakai Rosemary Beauty yang terlihat simple namun tetap cantik dilihat.
Bagi Blogger pemula, urusan template yang cocok dan sesuai dengan kepribadian kita, haruslah mendapat perhatian yang penting. Karena sekali lagi, template itu  ibarat design rumah.
Semakin cantik design rumah kita, maka otomatis kita sebagai pemilik rumah akan merasa betah tinggal disitu, dan akan semakin nyaman dengan fasilitas-fasilitas yang ada misal menu widget share to sosial media, page dan navigasi untuk klasifikasi artikel/postingan.

..
Untuk kursus online dari mb Rahayu ini, agar kita fokus ketugas-tugas, maka di grup WA  kita diharapkan untuk tidak menanyakan hal-hal diluar materi yang diajarkan.


Ada 2 grup yang dibentuk selama pelaksanaan kursus ini.

Grup pertama dibuat tertutup dengan hanya admin yang bisa mengirim pesan. Isinya adalah update materi apa saja yang dikerjakan.

Grup Kedua dibuat terbuka dengan anggota yang bisa saling berkirim pesan untuk menanyakan materi yang terasa belum jelas petunjuk teknisnya.


Selain itu, mb rahayu sendiri juga bisa dijapri untuk menanyakan terkait tugas yang dikerjakan.

Overall, kursus online dari mb Rahayu Asda ini beneran recommended untuk diikuti bagi teman-teman yang sama sekali belum berpengalaman dalam membuat blog, karena materinya sudah disusun sedemikian rupa hingga bisa dilakukan dengan mudah, dan pada akhir materi setiap peserta berkesempatan untuk join di grup blogger Joeragan Artikel ( JA) jika peserta sudah menyelesaikan seluruh tugas di kursus online ini.


Terima kasih untuk mb Rahayu Asda yang sudah berkenan untuk menularkan ilmu yang sangat bermanfaat ini. Semoga menjadi amal jariyah yang pahalanya senantiasa mengalir.


Imam Muslim meriwayatkan dalam kitab Shahih-nya, hadits dari sahabat Uqbah bin ‘Amr bin Tsa’labah radhiallahu’anhu, bahwa Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:


من دَلَّ على خيرٍ فله مثلُ أجرِ فاعلِه



“Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya” 
(HR. Muslim no. 1893).



You Might Also Like

0 komentar

About Me

Like us on Facebook

Popular Posts